Resep Kue yang Hemat dan Mudah Untuk Pemula

picsart_09-10-09.10.18-1.jpg

Syukur alhamdulillah saya nemu resep ini, karena sesuai judulnya, resep ini hemat karena cuma pakai dua telur. Tanpa oven dan mikser. Keren kan…

Judulnya Cake Cokelat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake) dari Just Try and Taste. Fyi buat yang belum tau, resep JTT itu tergolong jelas dan hasilnya enak *laaaf mbak Endang. Saya sudah coba bikin nuget dan berhasil. Sayangnya saya nggak ambil foto prosesnya, jadi nggak bisa posting. Hiks

Kalau yang cake ini gimana ya. Sampai proses mengukus saya merasa sukses. Waktu diiris… haduh kacau! Nanti di akhir saya tambah tips deh untuk orang yang bener-bener pemula, dari pengalaman saya yang baru seupil. Hihihi

Oiya saya ceritakan jam terbang saya bikin kue ya. Saya pernah dua kali bikin kue. Dua duanya bantet sebantet bantetnya. Bayangin ajalah brownis yang bantet.

Tapi kali ini, kuenya ngembang. Alhamdulillah…

Tuh kan… kuenya ngembang. Ye ye ye la la la *kemudian negara api menyerang. Karena nggak tahu, saya iris kue yang masih panas itu. Seperempatnya. Karena saya tipe orang yang ngiris kue itu dibagi dua dulu terus setengah dibagi dua lagi terus seperempat dibagi dua lagi dst supaya hasil potongnya nggak terlalu beda.

20160907_065917.jpg

Eeeh hancur dong.

Maaf itu kuning-kuning menjijikkan adalah margarin yang diolesin ke loyang tapi kebanyakan. Terus saya nggak tahu kenapa ada sebagian adonan yang nggak mateng di dasar loyang. Benyek gitu iyeuh. Auk ah gelap pokoknya menurut saya ini kue sukses *maksa. Pokoknya iyain aja yah *maksa lagi.

Kalau toppingnya gimana? Saya males dan ngirit, jadi nggak pakai topping. Muahahahaha

Kalau soal rasa tergantung bahan juga ya. Saya pakai cokelat Van Houten dan itu pahit, sedangkan resep asli pakai Bensdorp. Saya kurangi cokelatnya dan saya tambah gula, hasilnya masih agak pahit. Tapi overall enak kok *pede banget. Ibu saya mengira kue itu hasil beli. Ini amanda ya? Hahaha…

Tips praktik resep Cake Cokelat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake) dari Just Try and Taste:
1. Baca juga komentarnya, karena banyak sharing yang berguna di sana, ditambah komen dari mbak Endang. Kemungkinan gagal jadi lebih kecil.
2. Ikutin petunjuknya dengan seksama, kalau perlu baca tipsnya juga, misal tips sukses mengukus. Telurnya harus suhu ruang ya. Jangan pakai telur langsung ambil dari kulkas.
3. Karena nggak pakai topping, dan cokelatnya pakai van houten, gulanya saya pakai 200 gr dan cokelat vh nya 30gr. Masih pahit sedikit. Buat saya kemanisan, buat adik, suami, dan ibu saya manisnya pas. Mungkin efek saya makan seperempat bagian sekaigus*iya, yang hancur itu.
4. Tunggu kuenya dingin sebelum diiris, kalau nggak mau senasib sama saya.
5. Saya nggak tahu kenapa ada bagian yang nggak mateng di bawah. Kata ibu karena pas mengukus kurang panas. Padahal pas masukin udah mendidih airnya. Tapi emang maju mundur gitu masukin loyang ke kukusannya,karena takut jari saya kena panci. Tapi kalau menurut saya karena kebanyakan margarin dioles ke loyang. PR lah ini.

2 thoughts on “Resep Kue yang Hemat dan Mudah Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

