Periksa kandungan

Alhamdulillah… hampir sepuluh bulan pernikahan kami, saya sudah hamil sembilan bulan. Tepatnya 38 minggu. Hamilnya langsung ya? Nggak juga. Saya sempat dua kali dapet. Dan dibalap sama temen-temen yang nikahnya sebulan setelah kami *penting ya? :v.
Rutinitas baru setelah tahu saya hamil adalah periksa kandungan. Kami mulai nyari dokter yang cucok dengan kami. Kriteria cucok ala kami adalah

1. Perempuan
Z yang pingin saya dokternya cewek saja, dan meracuni saya, “Kamu ga risih kalau dokternya cowok?” Nyiahaha cemburu ya..
2. Ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung
Wajarlah kalau syarat yang ini ya. Udah bayar dan antri lama masak mau diketusin doang.
3. Cucok dengan kantong kami
Hihihi… tadinya kami ga masalah dengan biaya yang mahal dikit. Toh sebulan sekali. Lalu saya cek torch yang biayanya bisa buat lima kali periksa kandungan yang itungannya mahal dikit itu. Mlipir lah kami nyari yang biaya konsulnya murmer. Alhamdulillah dapet.

Dari yang mahal sampai yang ga bayar (saya coba pakai bpjs juga) termasuk di kampung nan jauh di mato (karena saya melahirkan di dusun saya), kurang lebih ada lima tempat yang saya datangi.

1. RSI Cempaka Putih
Saya periksa sama dr. Widyorini. Dokternya baik dan ramah. Saya cuma dua kali ke sini sih, dan antrinya ga banyak. Yang terakhir ga ketemu tapi, hari itu saya nunggu sejam dokternya belum dateng. Padahal ada acara. Yasudah kami pulang duluan ya dok.

2. Puskesmas Gambir
Berhubung kami punya bpjs dan penasaran pakai bpjs kayak apa, siang-siang jam 9 kami ijin kantor buat periksa. Antrinya lamaaaa banget. Dan nggak ada usg di sana. Tapi Bpjs ngasih kesempatan sekali usg sebelum dua bulan *kalau ga salah ingat. Jadilah kami ambil rujukan dan hari sabtunya ke RSI buat usg, dan gratis cuma agak ribet. Bpjs kami hampir ditolak sama RSI, katanya mesti ada rujukan dari rumah sakit yang levelnya lebih rendah dari RSI. Terus Z, si spesialis ngurus administrasi, negosiasi, dan bayarisasi, nyoba balik lagi  tanya sama petugas yang beda dan dibolehin. Hihihi. Jumpa lagi deh sama dr. Widyorini. Sayang hasil usgnya disimpen RSI :(.

3. Klinik Fakhira
Inilah klinik yang jadi tempat periksa utama kami, hasil kepo di ibuhamil.com. Konon biayanya bersahabat di kantong dan pilihan dokternya banyak. Pelayanan juga oke. Karena yang minat banyak, seminggu sebelum periksa saya mesti daftar dulu lewat telepon, seenggaknya seminggu sebelum periksa. Saya pilih dokter Heny yang menurut ibu-ibu forum memenuhi syarat pertama dan kedua kami *apasih. Pertama kali periksa, saya pulang dengan wajah sumringah walaupun antrinya lama. Entah sumringah itu karena merasa cucok di kantong atau karena liat dedek di usg udah berbentuk dan aktif gerak-gerak. Lucuuuuk. Kayaknya sih dua-duanya. Hahaha. Periksa di Fakhira ada dukanya juga lho. Jadi Klinik Fakhira itu melayani persalinan juga tapi sama bidan. Pernah tuh pas ngantri ada yang lahiran dan dokter Heny nolongin sebentar, entah kenapa. Pernah juga kami udah antri sejaman, pas giliran masuk, baru mapan mau usg eh listriknya metong, gensetnya imut-imut nggak kuat nyalain mesin usg, kami pun pulang dengan tangan hampa. Selain itu lumayan jauh dan macet juga ke manggarai kalau dari kosan kami di cempaka baru :’).

image

4. Klinik Kinara
Waktu udah tujuh bulan, posisi si dedek masih sungsang. Dokter Heny udah mewanti2 buat banyakin sujud supaya posisi dedek bagus. Paniklah ibu saya *kami sih tadinya santai. Ibu nyuruh nyari second opinion. Jatuhlah pilihan kami ke dokter Okky Sofyan, empunya klinik Kinara. Eh ternyata dokter Okky praktiknya pagi doang, malam itu kami konsul sama dokter Bram. Dokternya tetep memenuhi syarat nomor dua, tapi karena cowok dan masih muda, besok-besoknya kami milih datang pagi supaya bisa konsul sama dokter Okky. Soal posisi, Kinara dekat sama kantor dan kosan. Ngantrinya juga ga sesegambreng Fakhira. Kalau biaya di atas Fakhira dikit, tapi kalau dibandingin ama macet dan antrinya Fakhira ya sebelas dua belas lah.

image

5. Rumah Bersalin Puri Agung Magelang
Inilah tempat pilihan saya buat kontrol di Magelang. Si Ibu dulu lahiran dibantu dr. Narko, yang punya ini rumah bersalin. Satu kali ngangkot juga dari rumah. Baru sekali periksa sama dokter Narko, keliatan banget kalau udah pengalaman dan penjelasannya paling jelas di antara dokter yang lain. Alat usgnya juga setau saya yang paling canggih di antara empat tempat lain. Bisa denger suara jantung,lihat aliran darahnya merah biru, terus liat lilitan ari-ari di leher dedek kenceng atau nggak gitu *katrok.

image

Nggak terasa udah sembilan bulan jadi bumil. Minta doanya ya semua, semoga saya melahirkan dengan lancar, selamat semua ibu dan bayinya 🙂

Iklan

One thought on “Periksa kandungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s