MP 2: Undangan

Dari semua pernak pernik nikah, undangan doang yang bener-bener sepaham antara kedua mempelai. Yang lainnya, kalau nggak saya yang ngalah, ya Z yang berlapang dada *tepok jidat Kami survey undangan ke:

1. Pasar Tebet

Paling femes di jagat blog capeng. Tapi mak, jauh banget dari kosan saya. Kami motoran dan macet-macetan disiram terik matahari sepanjang jalan, sampai pasar tebet dengan pedenya parkir di luar. Pas mau pulang kami baru sadar motornya kehujanan, jadilah kami berdua pulang pakai helm yg basah. Heu~ image Di Pasar tebet, ada banyak banget kios undangan di basementnya. Untungnya kami udah punya toko incaran, jadi ngga makan waktu lama. Niatnya sih, saya dan Z ngga terlalu pilih2 soal undangan. Yang penting softcover, 300 biji, dan harganya cucok. Kenapa nggak terlalu pilih2? Karena 1. Kami sadar diri waktunya udah mepet 2. Budgetnya juga mepet 3. Paling-paling undangannya nanti dibuang. Soal toko incaran, sebenarnya saya yang menentukan.  Saya yang rajin dan excited banget blogwalking. Saya maunya Abadi card aja. Soalnya hampir semua bilang harga miring, on time, dan pelayanan oke. Apalagi ada temen yang habis nyetak undangan di sana. Sayangnya kami nggak berjodoh. Di sana undangan yang kami mau emang di bawah budget, tapi harus pesen 500 biji *heu~ syedih. Terus kami mulai lirik toko yang lain. di toko lain Bisa aja pesan 300 biji, tapi jatuhnya cuma terpaut 200 ribu. Cuma saya ga berani pesen, soalnya belum cari2 info selain Abadi card. Takutnya tokonya mangkir, padahal tanggalnya mepet( april baru fix tanggalnya, mei kami nikah).

2. Online

Baca blog orang,ada yang rekomen kawankitadesign.com. Kalau saya nyari sendiri tertarik sama percetakanundangan.web.id. alias Kamajaya Kreasindo. Dua-duanya berlokasi di Yogyakarta. Tapi, karena pengen lihat dan pegang aslinya, saya minta Kamajaya kirimin aslinya ke saya. Kena biaya 100 ribu dapet 5 sampel nanti bisa dihitung jadi depe.

3. Poncol, Senen

Di Poncol alias Jalan Kalibaru V juga banyak banget kios undangan dan percetakan,tapi entah kenapa Pasar Tebet lebih femes. Karena deket banget dari kantor dan kosan kami berdua,jelas kami nggak melewatkan survey di sini. Ternyata ada yg cucok. Namanya Top Graphic. Soal waktu, Pak Rocky — bos merangkap kasir, customer service, dan pembelanja bahan baku-nya Top Graphic–oke. Malah kami dijutekin karena datang kesorean. Janjinya pagi jam lima baru nongol. Soal desain lebih bagus dari yang lain *buat softcover lho ya*. Soal harga bisa ditawar. Nggak enaknya tuh dia nggak desain sendiri, temennya yang bantuin desain orang beda tempat percetakan, dan Pak Rocky sibuk mondar mandir*sesuai jabatannya di atas* jadi kami jalan sendiri ke tempat desain. Padahal ada komputer di kiosnya. Kirain dia bisa desain dan edit sendiri :(. Kiosnya juga sebelahan ama pecinta anjing buanyaaaak banget mungkin belasan. Itu anjing suka mampir-mampir gitu *hiiii geli*. Jadi kami yang nggak terbiasa sama anjing suka merinding disko tiap ke sana. image

image

Tips:

1. Nggak semua vendor bisa dipercaya, jadi berhati-hatilah.

2. Semakin banyak jumlah undangan yang dipesan,harganya makin murah. Begitu juga sebaliknya.

3. Vendor undangan ada yang bisa dibooking tanggal dulu kok. Misal nikah Agustus, Mei booking tanggal mau cetak undangan jumlah sekian di bulan Juni.

4. Kalau pesan undangan di luar kota, perhitungkan ongkos kirim lho.

5. Bisa design undangan sendiri berarti bisa cetak sendiri di percetakan. Jauuuuh lebih hemat.

6. Cek 5 kali isi undangan. Salah ketik di ratusan bahkan ribuan undangan pernikahan yang diharapkan sekali seumur hidup itu akan menjadi sesuatu sekali.

7. Baiknya pilih vendor yang bisa desain sekalian.

9 thoughts on “MP 2: Undangan

  1. Mba, boleh minta contact mba gaa, line or whats app, saya mau nanya2 undangan doooong mba😊😊 kebetulan saya pernah survey ke top tapi belon deal disana, aku lihat undanganmu bagusssss😍 kalau tidak berkeberatan, bisa email saya di nadya.dy94@gmail.com
    terimakasih sebelumnyaaaaa

  2. Saya baru aja ambil hasil cetak undangan dari Top Graphic. Dan hasilnya kecewa berat. Karena bagian depan undangan bagian kiri dam kanan nya tidak sama warna. Tidak sama dgn contoh print2an di awal. Alasan nya beda teknik pengerjaan, tp tetep aja ga masuk akal. Emblem jg byk yg miring. Ketika di complain ga ada tanggapan sama sekali. Gak aneh sih ga ada tanggapan, gelagat nya ud ketauan. Tiap dihubungi susah. Saya tidak rekomendasi Top Graphic milik si Rocky ini. Tetot bgt. Mudah2an sukses deh, dgn gaya bisnis kaya gini

    1. astaga… ngeselin banget tuh. dulu punyaku kelebihan cetak gitu mbak 50an biji. dan bodohnya aku mau ambil.sekarang aku curiga itu modus. maik ke sini tambah ga profesional. semoga dia dapat balasannya ya mbak. semoga untuk persiapan nikah yang lain dilancarkan dan dimudahkan… makasih sharingnya mbak

Tinggalkan Balasan

